Shopping cart

stategi bisnis di marketplace

Strategi Promosi Paling Handal Tingkatkan Penjualan di Marketplace

Marketplace sudah bukan lagi menjadi satu hal asing atau baru. Bahkan sebaliknya. Berbagai cara promosi untuk tingkatkan penjualan di marketplace juga sangat mungkin dilakukan. Terutama dengan tingginya pengguna marketplace.

Melakukan penjualan melalui marketplace memang memberikan banyak keuntungan. Meski tingginya persaingan di marketplace justru menjadi satu kekurangan tersendiri.

Bagaimana tidak, marketplace yang merupakan situs untuk berjualan secara umum, memiliki banyak sekali penjual. Beberapa marketplace di Indonesia bahkan memiliki lebih dari ribuan penjual di satu situs.

Dari sekian banyak penjual atau toko online tersebut, tidak jarang memasarkan produk yang sama. Bahkan bisa saja dari merek yang sama pula. Sehingga promosi yang tepat memang sangat dibutuhkan di marketplace.

Sebelum mendalami lebih jauh mengenai promosi yang tepat di marketplace. Terutama untuk meningkatkan penjualan. Ketahui dulu cara-cara paling tepat untuk memulai berjualan dengan toko online di marketplace. Selanjutnya baru mengetahui tips dan trik, sampai cara promosi yang tepat.

stategi bisnis di marketplace

Source image: Freepik.com

 

Cara Memulai Toko Online di Marketplace

Permulaan yang tepat akan sangat berperan dengan strategi promosi yang nanti digunakan. Selain itu, permulaan yang tepat ini juga akan membantu memudahkan untuk tingkatkan penjualan di marketplace nantinya. Untuk itu penting sekali mengetahui apakah sudah memulai toko online di marketplace dengan benar.

1. Buat Merek

Merek untuk toko online akan membantu lebih dikenal dan diingat konsumen. Kembali lagi pada poin sebelumnya, di marketplace akan ada banyak sekali toko online yang terlihat serupa. Cara untuk tampil berbeda adalah dengan membuat merek.

Brand atau merek disini mulai dari nama yang mencerminkan toko online tersebut. Bisa berdasarkan dari produk yang dipasarkan, atau nama-nama lain yang unik. Misalnya saja bila menjual produk dari Korea Selatan. Menggunakan nama toko dari bahasa Korea atau terdapat kata Korea bisa jadi pilihan.

Selain nama, merek juga termasuk dengan tampilan desain. Mulai dari foto yang digunakan, sampai desain toko online secara general. Akan lebih baik bila toko online memiliki tema tersendiri.

Sehingga foto untuk profile sampai tampilan toko bisa menggunakan tema ini. Bahkan bisa saja nama dari toko juga akan sesuai tema yang digunakan nantinya.

Adanya merek ini akan membuat toko tampil berbeda dan pastinya akan lebih mudah dikenali sekaligus diingat.

2. Produk Berkualitas

Kualitas produk tentu saja menjadi satu hal penting berikutnya saat memulai toko online. Apapun yang akan dipasarkan di toko online sebaiknya memiliki kualitas terbaik. Pasalnya promosi segencar apapun tidak akan sukses bila produk yang dipasarkan memang kurang berkualitas.

Memastikan kualitas produk akan sangat penting karena juga berkaitan dengan review dari konsumen. Di sebagian besar marketplace akan ada tempat khusus untuk konsumen memberikan rating bintang dan review. Ini nantinya juga akan menjadi sarana promosi tersendiri bila produk memang berkualitas terbaik.

Bila memasarkan produk buatan atau produksi sendiri, memastikan kualitas benar-benar memuaskan merupakan satu hal yang pasti harus dilakukan. Sedangkan bila memasarkan produk dari perusahaan atau merek lain, pastikan keaslian dan juga kualitas dari produk tersebut sendiri.

Kualitas produk juga pastikan untuk selalu konstan dan tidak berubah nantinya saat toko online sudah berjalan.

3. Ketersediaan Stok

Promosi toko online, terutama di marketplace justru sering tidak sukses karena permasalahan stok. Sekali lagi, ada banyak toko yang menjual barang yang sama. Sehingga ketika konsumen kehabisan stok, mereka akan dengan mudah berpindah ke toko lain.

Untuk itu saat memulai toko online, pastikan lebih ketersediaan stok sudah mencukupi. Terutama saat promosi mulai berjalan nantinya. Stok harus selalu dipastikan tersedia.

4. Punya Keunggulan Lebih

Usahakan toko online memiliki keunggulan lebih. Setidaknya dibandingkan dengan toko pesaing lain. Keunggulan ini ada berbagai macam dan bentuk.

Keunggulan yang bisa dimiliki toko online bukan hanya akan menarik konsumen. Melainkan juga membuat mereka kembali ke toko online tersebut lagi dan lagi nantinya. Beberapa keunggulan yang bisa jadi pertimbangan diantaranya seperti:

1. Harga lebih murah
2. Pengiriman cepat
3. Pilihan bebas ongkir
4. Pelayanan terbaik dan ramah
5. Cepat menanggapi komplain konsumen
6. Jaminan produk asli dan garansi
7. dan sebagainya

Adanya keunggulan ini yang nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga promosi juga akan menjadi sukses nantinya.

5. Pilih Strategi Promosi yang Tepat

Ada banyak sekali tipe berbeda untuk promosi. Memilih strategi marketing yang tepat merupakan salah satu cara tersendiri untuk meningkatkan penjualan di toko online. Terutama untuk marketplace.

Strategi pemasaran yang digunakan untuk promosi di marketplace memang sedikit banyak berbeda. Perbedaan ini salah satunya karena banyaknya pesaing di marketplace tersebut sendiri. Sehingga strategi pemasaran bukan hanya sekedar untuk brand awareness saja. Melainkan juga untuk menjadikan produk dan toko online lebih unggul dari pesaing.

 

Strategi Pemasaran Untuk Tingkatkan Penjualan di Marketplace

Seperti disebutkan diatas, strategi pemasaran untuk marketplace memang sedikit banyak berbeda. Di bawah ini merupakan strategi marketing yang akan menjadi jurus jitu untuk tingkatkan penjualan di marketplace. Baik itu untuk toko online maupun untuk sebuah produk yang dijual.

1. Foto Tampilan Produk yang Menarik

Berjualan di marketplace bukan berarti tidak perlu memikirkan foto yang digunakan untuk produk. Justru sebaliknya. Seperti juga berjualan atau bisnis secara online lain, tampilan dari produk akan meningkatkan penjualan.

Pastikan foto produk yang digunakan benar-benar menarik. Bila mungkin, gunakan foto yang diambil sendiri atau secara profesional. Ini akan menjadi “senjata” marketing yang sangat ampuh dalam menarik perhatian konsumen.

Foto tampilan produk yang menarik ini memang akhirnya akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri untuk konsumen. Terutama bila pesaing menggunakan foto-foto yang sekiranya memang biasa-biasa saja. Maka foto tampilan yang menarik akan menjadi keunggulan tersendiri.

Lebih sempurna lagi bila foto produk bukan hanya terlihat bagus dan juga estetik. Namun sekaligus menunjukan keunggulan, fitur, sampai detail-detail yang ada di produk. Sehingga konsumen pun nantinya akan mudah untuk melihat lebih dalam produk yang akan dibeli.

2. Copywriting

Copywriting menjadi bagian yang tidak akan terlepas dari digital marketing. Seni tulis menulis ini akan membuat konsumen tertarik untuk memasukan produk ke dalam keranjang di marketplace.

Penggunaan copywriting bukan hanya sekedar menuliskan detail dari produk yang akan dipasarkan. Copywriting juga akan membuat judul dengan kata kunci tertentu. Sehingga produk akan muncul di halaman pencarian konsumen.

Misalnya saja bila menjual makanan untuk kucing. Banyak konsumen yang bukan hanya mencari di kotak pencarian marketplace dengan kata kunci merk makanan kucing tersebut. Seringkali kata kunci yang digunakan dalam pencarian justru makanan kucing terbaik, wet pet food, makanan kucing anggora, dan lain-lain. Ini yang nantinya akan menjadi pertimbanggan dalam copywriting.

Copywriting akan menuliskan deskripsi yang membuat konsumen yakin untuk memasukan produk ke dalam cart di marketplace. Mulai dari keunggulan, fungsi, manfaat, detail spesifikasi, dan lain-lain akan dijelaskan melalui kata-kata yang menarik.

3. Memaksimalkan Penggunaan Tag

Beberapa marketplace memiliki fitur tag yang akan sangat membantu dalam pemasaran. Fitur tag bukan hanya memudahkan untuk konsumen mencari produk tertentu di toko online. Melainkan juga agar produk tersebut tampil ketika konsumen membeli produk lain yang sejenis. Seperti dari merek yang sama.

Strategi pemasaran di marketplace dengan menggunakan tag memang saat ini sering kali belum maksimal. Penjual kadang malah hanya memasukan nama produk saja pada tag. Padahal dengan menggunakan kata kunci yang tepat di dalam tag, produk akan mendapatkan exposure lebih.

Kata kunci yang bisa digunakan pada tag bukan hanya sekedar nama produk. Masukan juga tag untuk nama toko, brand, perusahaan, bahkan juga merek-merek lain yang sejenis. Ini menjadi salah satu cara ampuh agar produk banyak dilihat.

4. Promosi Bundling

Saat ini, bundling menjadi salah satu jurus ampuh untuk meningkatkan penjualan di marketplace. Promosi bundling berarti membuat paket untuk beberapa produk dengan harga yang lebih ekonomis. Jenis promosi ini sudah tentu sangat menggoda untuk konsumen.

Promosi bundling akan lebih sukses dengan beberapa syarat. Seperti di bawah ini:

1. Harga yang ditawarkan untuk bundling di bawah dari membeli produk tersebut secara terpisah.
2. Produk di dalam paket bundling sebaiknya dari jenis yang sama. Seperti misalnya bundling produk perawatan kulit berjerawat sebaiknya tidak dicampur dengan jenis produk untuk kulit kering.
3. Produk di bundling bisa dari jenis berbeda, namun saling melengkapi.
4. Padukan produk yang laris terjual dengan yang kurang diminati konsumen. Cara ini akan tingkatkan penjualan di marketplace untuk dua produk sekaligus.

Bundling merupakan cara paling mudah untuk mempromosikan produk. Terutama bila paket bundling yang ditawarkan memang memiliki harga promosi lebih murah.

5. Limited Edition

Pernah penasaran mengapa beberapa brand ternama sangat diburu? Seperti edisi tertentu dari merek fashion yang sampai membuat konsumen mereka rela antri berhari-hari? Alasannya adalah karena limited edition. Alias barang tersebut hanya diproduksi dengan jumlah terbatas.

Strategi marketing ini bekerja secara psikologis kepada konsumen. Dimana mereka akan menginginkan produk yang unik dan tidak pasaran, tidak dimiliki oleh banyak orang.

Salah satu cara terbaik agar strategi limited edition ini berhasil bisa dengan meriis versi lain dari produk yang dipasarkan secara terbatas. Katakan saja sebagai versi eksklusif atau premium dari produk tersebut dan hanya diproduksi beberapa buah saja. Dijamin versi ini akan menjadi buruan para konsumen!

6. Permainan Harga

Disebutkan di atas, harga memiliki pengaruh penting di marketplace. Tingginya persaingan memang mau tidak mau harus memberikan harga terbaik dari pada “toko sebelah.” Di sisi lain, sebenarnya ada trik psikologis tersendiri yang digunakan untuk permainan harga di strategi marketing.

Trik psikologis ini membuat otak kita secara tidak langsung melihat harga tersebut lebih murah. Padahal sebenarnya sama saja. Misalnya menuliskan harga Rp 69,900 dan bukan Rp 70,000. Otak kita akan melihat angka tersebut dan berpikir harga produk senilai Rp 69,000.

Seperti juga Rp 68,900 yang akan terlihat jauh lebih murah daripada Rp 70,000. Padahal perbedaan kedua harga tersebut kurang dari Rp 2,000 saja.

Sebuah buletin marketing pernah menulis liputan menarik mengenai strategi permainan harga ini di tahun 1977. Disebutkan, permainan harga ini bukan hanya membuat konsumen berpikir harga produk yang ditawarkan lebih murah. Melainkan juga penggunaan angka tidak bukan terlihat lebih menarik perhatian.

Strategi permainan harga ini bukan lagi hal baru. Merk sampai toko-toko juga menggunakan strategi yang sama. Jadi jangan ragu untuk mengimplementasikan saat memasarkan produk di marketplace.

7. Promosi Voucher Diskon

Salah satu daya tarik dari berbelanja di marketplace merupakan penggunaan voucher diskon. Untuk strategi pemasaran ini, jangan ketinggalan untuk bergabung menggunakan voucher diskon yang diberikan marketplace.

Bila pun marketplace tidak memiliki pilihan promosi dengan voucher diskon, tidak ada salahnya menyediakan sendiri.

Strategi pemasaran ini juga sederhana saja. Konsumen akan mendapatkan voucher diskon untuk pembelian dengan nilai tertentu. Selain diskon, voucher juga bisa berupa cashback, potongan ongkos kirim, sampai poin yang akan bisa digunakan pada pembelian selanjutnya.

Ya! Promo voucher diskon memang sebaiknya digunakan untuk mendorong konsumen melakukan pembelian produk berikutnya. Bisa dengan reward poin, adanya diskon untuk pembelian kedua, dan lain sebagainya.

8. Media Sosial

Promosi pemasaran marketplace bukan hanya dilakukan di kanal tersebut saja. Sudah tidak asing bukan dengan toko online di media sosial yang juga memiliki link ke marketplace? Ini bisa menjadi salah satu cara jitu untuk tingkatkan penjualan produk di marketplace nantinya.

Melakukan promosi melalui media sosial bisa dengan berbagai cara. Instagram atau Facebook ads merupakan dua diantaranya. Bisa juga dengan melakukan endorsement pada influencer ternama yang sudah terbukti memberikan hasil positif. Sampai melalui kampanye di media sosial.

Sampai saat ini, media sosial memang menjadi salah satu corong terbesar dan paling berpengaruh untuk digital marketing.

9. Tingkatkan Review

Tahu tidak bahwa konsumen yang membeli melalui marketplace akan selalu memeriksa rating bintang dan review untuk produk tersebut? Untuk itu selalu pastikan produk yang dipasarkan di marketplace mendapatkan review positif. Ini akan membantu penilaian untuk konsumen berikutnya.

Sedangkan disisi lain, banyak konsumen yang setelah membeli justru malas atau enggan untuk memberikan rating dan review. Sehingga jangan ragu untuk mengingatkan konsumen. Sampai mengiming-imingi akan ada hadiah poin atau diskon tertentu untuk pembelian berikutnya bila konsumen memberikan review dan rating.

Bila misalnya produk mendapatkan review dan rating kurang memuaskan, jangan segan untuk mengatasi permasalahan tersebut dan berbicara dengan konsumen. Adanya tanggapan untuk review negatif juga akan menjadi sebuah penilaian tersendiri. Jadi konsumen tidak akan ragu untuk membeli produk tersebut.

10. Konten Menarik

Jurus jitu berikutnya untuk pemasaran di marketplace merupakan dengan penggunaan konten yang menarik. Konten di sini bukan hanya foto-foto produk yang digunakan saja. Berikan juga video review, atau ketika produk tersebut digunakan.

Konten yang menarik ini bisa membantu untuk meyakinkan konsumen akan manfaat dan juga keunggulan produk. Secara langsung akan berperan dalam tingkatkan penjualan di marketplace.

Meningkatkan penjualan di marketplace memang membutuhkan beberapa cara dan strategi berbeda. Mulai dari membuka toko online, penjualan produk, sampai strategi promosi seharusnya berjalan secara seimbang. Demi hasil yang menguntungkan.

Semoga penjabaran strategi promosi di atas membantu untuk meningkatkan penjualan produk di marketplace ya! Salam sukses!

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *